Menyegarkan Semangat CDIO: Langkah Awal Menuju Kurikulum Unggul
17 Feb 2025
Dokumen
Tidak ada file dokumen

Politeknik Negeri Batam memulai langkah awal tahun 2025 dengan menggelar kegiatan bertajuk “Refreshment Implementasi CDIO Framework” yang ditujukan khusus untuk Tim Kurikulum dari seluruh jurusan. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 17 hingga 21 Februari 2025, dan dilaksanakan secara terjadwal di masing-masing program studi sesuai jurusan terkait.
Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen Polibatam untuk terus meningkatkan kualitas kurikulum teknik berbasis CDIO (Conceive Design Implement Operate), yang menekankan pengembangan keterampilan teknis dan soft skill mahasiswa dalam konteks nyata dunia industri. Sebagai pendekatan pendidikan berbasis praktik, CDIO telah menjadi acuan global sejak dikembangkan oleh MIT dan kini menjadi fondasi penting dalam pengembangan kurikulum teknik di Polibatam.
Dalam kegiatan Refreshment ini, peserta mendapatkan pendampingan langsung dari para fasilitator berpengalaman, yaitu Hendawan Soebhakti, Muhammad Arifin, Nanta Fakih Prebianto, Ahmad Hamim Thohari, Hamdani Arif, Adhe Aryswan, dan Ria Anggraini. Materi yang disampaikan mencakup seluruh 12 standar CDIO, mulai dari konteks pengembangan sistem rekayasa, desain pengalaman pembelajaran, penguatan kompetensi dosen, hingga metode evaluasi program.
Selama tiga hari pelaksanaan, setiap jurusan Teknik Elektro, Teknik Informatika, Teknik Mesin, dan Manajemen Bisnis mengikuti sesi intensif yang diawali dengan pemahaman ulang tentang rethinking engineering education, dilanjutkan dengan pemaparan standar CDIO yang dibagi dalam beberapa sesi tematik seperti Integrated Curriculum, Design Implement Experiences, Active Learning, dan Learning Assessment. Diskusi aktif dan sesi skill refresh menjadi daya tarik utama kegiatan ini.
Refreshment ini sekaligus menjadi pintu pembuka bagi program lanjutan CDIO Cascade Program yang akan dilaksanakan bertahap sepanjang tahun 2025. Setiap cascade akan membahas bagian-bagian spesifik dari standar CDIO dan dilaksanakan dalam empat tahap, yaitu:
1. Cascade 1: The Context, Learning Outcomes, Integrated Curriculum
2. Cascade 2: Introduction to Engineering, Design-Implement Experiences, Learning Workspace
3. Cascade 3: Integrated Learning Experiences, Active Learning, Faculty Development
4. Cascade 4: Learning Assessment & Program Evaluation
Dengan adanya kegiatan ini, tim kurikulum dari masing-masing jurusan diharapkan dapat menyusun rencana implementasi CDIO yang lebih matang serta melakukan evaluasi mandiri terhadap kesiapan dan kesesuaian kurikulum yang sedang dikembangkan. Tidak hanya sebagai agenda penyegaran, kegiatan ini menjadi momentum penting dalam mendorong transformasi pendidikan teknik yang adaptif, progresif, dan relevan dengan tantangan global.