CDIO Cascade Program 1: Menyusun Kurikulum Masa Depan yang Adaptif dan Berdaya Saing

23 Apr 2025

Dokumen

Tidak ada file dokumen

Ada Pertanyaan?

+62 778 469856 469860 ext. 1036

p4m@polibatam.ac.id

Gambar Berita

Politeknik Negeri Batam kembali melanjutkan komitmennya dalam membangun kurikulum pendidikan tinggi berbasis praktik melalui kegiatan “CDIO Cascade Program 1” yang diselenggarakan mulai tanggal 23 hingga 30 April 2025. Program ini menjadi kelanjutan dari kegiatan refreshment yang sebelumnya telah membekali tim kurikulum dengan pemahaman menyeluruh tentang konsep CDIO (Conceive Design Implement Operate).

Cascade Program 1 berfokus pada tiga standar pertama dalam framework CDIO, yaitu The Context, Learning Outcomes, dan Integrated Curriculum. Tujuannya adalah membantu tim kurikulum dari empat jurusan Teknik Informatika, Teknik Elektro, Teknik Mesin, dan Manajemen Bisnis dalam menyusun kurikulum yang responsif terhadap kebutuhan industri dan stakeholder.

Kegiatan ini menghadirkan para fasilitator internal yang berpengalaman seperti Hendawan Soebhakti, Ahmad Hamim Thohari, Hamdani Arif, Ria Anggraini, Adhe Aryswan, dan Muhammad Arifin, yang membimbing peserta dalam berbagai aktivitas kolaboratif. Salah satu sesi utama adalah pemetaan kebutuhan stakeholder terhadap lulusan setiap program studi, yang kemudian diterjemahkan menjadi atribut lulusan (graduate attributes) dan capaian pembelajaran (Learning Outcomes).

Peserta juga dilatih untuk melakukan skill mapping sebagai dasar penyusunan kurikulum yang terintegrasi. Melalui metode ini, tim kurikulum diajak meninjau dan menyempurnakan distribusi kompetensi baik dari sisi pengetahuan, keterampilan, maupun sikap pada tiap mata kuliah, serta menyesuaikannya dengan standar CDIO dan tingkat kemahiran yang dibutuhkan dunia kerja.

Kegiatan dilaksanakan secara terjadwal di setiap jurusan dan mencakup sesi diskusi aktif, penyusunan dokumen considerant analysis, penguatan logika kurikulum, hingga simulasi penyusunan kurikulum berbasis CDIO. Momen ini menjadi ruang strategis bagi program studi untuk menyesuaikan arah kurikulum tahun 2025 agar lebih kontekstual, progresif, dan relevan terhadap perkembangan industri 4.0 dan tren global pendidikan teknik.

Dengan semangat kolaborasi dan perbaikan berkelanjutan, CDIO Cascade Program 1 diharapkan menjadi pondasi kuat dalam membangun kurikulum yang tidak hanya memenuhi standar nasional, tetapi juga mampu membekali mahasiswa dengan kompetensi yang dibutuhkan untuk masa depan.